Apa Itu TikTok Shop dan Apa Saja Keuntungan Berjualan di Tiktok Shop?

Tiktok 26 May 2024

blog-image

Apa itu TikTok shop? Platform jualan online yang hingga saat ini dari sejak awal pandemi Covid-19 awal tahun 2020 lalu, berhasil membawa ribuan orang meraup untung ratusan juta rupiah per bulan dari berjualan di TikTok shop. Aplikasi tiktok menjadi primadona bagi pebisnis online. Tak tanggung-tanggung mereka bisa memonetize akun TikTok dari mulai buka endorse hingga berjualan online.

 

Apa itu tiktok shop?

TikTok Shop adalah fitur di aplikasi TikTok yang memungkinkan pengguna untuk membeli produk atau jasa langsung dari video di TikTok. Pengguna dapat menemukan produk yang dijual melalui hashtag yang terkait dengan produk tersebut, atau dengan mencari profil toko yang menjual produk tersebut.

Setelah menemukan produk yang mereka minati, pengguna dapat membelinya dengan mengikuti tautan yang terdapat di video atau di deskripsi profil toko. Fitur TikTok Shop saat ini hanya tersedia di beberapa negara, dan tidak semua pengguna TikTok dapat menggunakan fitur ini. Untungnya di Indonesia, fitur TikTok shop ini sudah tersedia lho.

 

Apa Bedanya TikTok Shop Dan TikTok Seller Center?

Jika anda bertanya tentang perbedaan antara TikTok Shop dan area di TikTok yang digunakan untuk mengelola toko atau bisnis di platform tersebut, maka perbedaan utamanya adalah bahwa TikTok Shop adalah fitur di aplikasi TikTok yang memungkinkan pengguna untuk membeli produk atau jasa langsung dari video di TikTok, sementara "TikTok Seller Center" adalah area di TikTok yang digunakan oleh penjual untuk mengelola bisnis atau toko mereka di platform tersebut.

Di TikTok Seller Center, penjual dapat mengelola produk yang dijual, mengelola pesanan dan pelanggan, dan melakukan berbagai aktivitas lain yang terkait dengan menjalankan bisnis di TikTok.

 

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan TikTok Shop

A. Apa keuntungan menggunakan tiktok shop?

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari menggunakan TikTok Shop, antara lain:

  1. Mempermudah proses pembelian: TikTok Shop memungkinkan pengguna untuk membeli produk atau jasa langsung dari video di TikTok, sehingga mempermudah proses pembelian bagi pengguna.
  2. Menarik perhatian pengguna: Video di TikTok dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik perhatian pengguna dan meningkatkan minat terhadap produk atau jasa yang dijual.
  3. Meningkatkan brand awareness: TikTok Shop dapat membantu meningkatkan brand awareness melalui video yang ditampilkan di platform tersebut, yang dapat membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa yang dijual.
  4. Meningkatkan pendapatan: Menjual produk atau jasa melalui TikTok Shop dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi penjual.
  5. Mengakses audience yang lebih luas: Dengan menggunakan TikTok Shop, penjual dapat mengakses audience yang lebih luas di platform tersebut, yang dapat membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa yang dijual.
B. Apa kerugian atau kelemahan tiktok shop?

Beberapa kelemahan yang mungkin terjadi saat menggunakan TikTok Shop adalah:

  1. Fitur ini hanya tersedia di beberapa negara: TikTok Shop saat ini hanya tersedia di beberapa negara, sehingga tidak semua pengguna TikTok dapat menggunakan fitur ini.
  2. Pengaturan toko mungkin terbatas: TikTok mungkin memiliki beberapa batasan dalam pengaturan toko yang dapat dilakukan oleh penjual, seperti jenis produk yang dapat dijual atau metode pembayaran yang diterima.
  3. Konversi yang rendah: Meskipun TikTok Shop dapat menarik perhatian pengguna dan meningkatkan brand awareness, konversi yang dihasilkan mungkin tidak sebesar yang diharapkan, terutama jika produk yang dijual tidak sesuai dengan audience yang ada di TikTok.
  4. Persaingan yang tinggi: TikTok Shop mungkin menjadi platform yang sangat kompetitif bagi penjual, terutama jika bisnis mereka bersaing dengan banyak penjual lain yang menjual produk yang sama atau serupa.
  5. Risiko fraud: Seperti platform pembelian lainnya, TikTok Shop juga terpapar risiko fraud, seperti penipuan atau kecurangan oleh penjual atau pembeli. Penjual harus waspada terhadap risiko ini dan menerapkan tindakan pencegahan yang sesuai untuk mengurangi risiko tersebut.

 

Mengapa Harga Barang di Tiktok Shop Lebih Murah?

Tidak semua barang yang dijual di TikTok Shop akan lebih murah daripada barang yang dijual di toko ataupun platform lain. Harga barang di TikTok Shop bisa lebih murah atau lebih mahal tergantung pada beberapa faktor, seperti harga pasar, biaya produksi, margin keuntungan yang diinginkan oleh penjual, dan faktor lainnya.

Sebagai penjual, Anda dapat menentukan harga jual yang Anda inginkan untuk produk yang Anda jual di TikTok Shop, namun Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dalam menentukan harga yang sesuai.

Sedangkan sebagai pembeli, Anda dapat membandingkan harga produk di TikTok Shop dengan harga di toko lain untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan harga terbaik yang tersedia.

Selain itu, pastikan untuk membaca deskripsi produk dengan seksama dan memeriksa kondisi produk sebelum memutuskan untuk membeli, karena harga yang lebih rendah mungkin disebabkan oleh kondisi produk yang tidak sebaik produk yang dijual di toko lain.

 

Perlukah Jualan Online di TikTok Shop?

Setelah mengetahui apa itu TikTok Shop beserta keuntungannya, sekarang untuk membuat bisnis anda go online, tidak ada salahnya jika saat ini anda mulai membuat akun TikTok dan mencoba berjualan di sana. Karena perkembangan tren yang ada, boleh jadi ada peluang calon konsumen baru dari aplikasi TikTok yang belum pernah anda dapatkan sebelumnya.

Namun, karena masih relatif barunya aplikasi dan tidak banyak orang yang mengetahui cara berjualan di TikTok, bukan perkara mudah untuk bisa berjualan online. Jika anda mau mencoba berjualan di TikTok Shop, tetapi tidak bisa mengelolanya, ada baiknya anda memesan jasa TikTok manajemen profesional seperti budimark.com. Budimark akan siap membatu mengelola akun TikTok anda hingga anda dapat berjualan di TikTok Shop. Hubungi kami sekarang untuk dapatkan promo jasa kelola akun TikTok profesional.