Plugin yang Dibutuhkan Agar Website Wordpress SEO Friendly

SEO 16 Apr 2024

blog-image

Membangun website bisnis dari nol merupakan tantangan tersendiri di era digital seperti saat ini. WordPress menjadi salah satu CMS yang banyak diminati, baik untuk paket gratis maupun domain berbayar. Namun sebaiknya pahami plugin yang dibutuhkan agar website WordPress SEO friendly.

Plugin dapat membuat website WordPress jadi lebih optimal, terlebih jika konten di dalamnya menerapkan SEO. Ada banyak plugin yang mendukung penggunaan WordPress lebih baik berkaitan dengan optimalisasi SEO.

 

6 Plugin yang Dibutuhkan agar Website WordPress SEO Friendly

Pada dasarnya, plugin merupakan perangkat lunak yang dirancang dengan fungsi dan kode tertentu. Program ini bersifat tambahan, namun cukup berpengaruh terhadap kinerja website. Bagi yang sudah menerapkan SEO di WordPress, sebaiknya gunakan pula beberapa plugin di bawah ini.

1. Yoast SEO

Jika mencari plugin WordPress yang lengkap, maka Yoast SEO bisa menjadi pilihan. Bagaimana tidak, di dalamnya sudah terdapat program SEO analisis, meta deskripsi, URL permalink, sitemap, focus keyword, hingga skor SEO.

Bagi yang ingin membangun website bisnis dari awal, sebaiknya gunakan Yoast karena fiturnya yang patut diacungi jempol. Plugin ini akan membantu situs yang sudah dioptimalisasi dengan SEO berada di halaman utama Google.

Plugin dengan tools lengkap ini juga banyak diminati pemilik website bisnis karena penggunaannya juga tergolong mudah.

2. SEOPress

Plugin ini memiliki tampilan sederhana dan penggunaan mudah bagi pemula dalam dunia website. Meski terbilang sederhana, tools di dalamnya tidak perlu diragukan untuk meningkatkan kinerja website. Misalnya terdapat fitur XML sitemap, open graph support, dan meta title.

Anda bisa menggunakan setiap tool di dalamnya untuk mengoptimalisasi website WordPress. Pengguna internet akan lebih mudah menemukan konten sesuai dengan relevansi keyword.

3. Google XML Sitemaps

Konten website sulit terindeks mesin pencari? Google XML Sitemaps menjadi salah satu plugin yang dibutuhkan agar website WordPress SEO friendly. Program sitemaps di dalamnya memudahkan proses re-check halaman web yang baru saja dirilis.

Tak heran jika nantinya website bisnis maupun pribadi berkesempatan besar berada di halaman pertama pencarian Google. Tidak hanya itu, traffic situs pun akan meningkat secara signifikan karena semakin banyak audiens yang tertarik dengan konten Anda.

4. AlO SEO Pack

Pada dasarnya, plugin yang dibutuhkan agar website WordPress SEO friendly ini bersifat all in one. Di dalamnya terdapat beberapa program unggulan seperti auto meta tag, XML sitemap, dan Google Analytics.

Namun, plugin ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan Yoast SEO. Jadi ketika menginstall keduanya kemungkinan akan terjadi error sehingga sebaiknya memilih salah satu.

5. Rank Math

Tersedia dua versi dari plugin Rank Math, yaitu versi gratis dan premium. Meski menggunakan versi free, Anda tetap bisa menikmati fitur yang bagus untuk mengoptimalisasi SEO di website. Beberapa tools yang disediakan adalah Google trend date, Google sitemap, import schema, dan watermark.

6. Broken Link Checker

Sesuai dengan namanya, plugin yang dibutuhkan ini memiliki tool yang bisa mendeteksi link spamming. Plugin ini sebenarnya bekerja seperti alat pelacak sehingga semua link yang ada di postingan tetap aman dan aktif.

 

Penutup

Beberapa plugin yang dibutuhkan agar website WordPress SEO friendly memang bisa dicoba satu per satu. Plugin Yoast SEO atau AIO SEO Pack bisa menjadi pilihan tepat jika ingin mencari tools lengkap. Namun, tidak ada salahnya menerapkan plugin WordPress lain sesuai kebutuhan.

Namun jika masih kesulitan untuk menemukan plugin yang cocok, anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan website budimark.com. Website dicoding oleh developer web berpengalaman, sehingga tanpa tambahan plugin lagi, website anda sudah SEO friendly dan cepat terindex oleh google. Hubungi kami sekarang untuk pembuatan website SEO friendly.