SEO On Page Adalah Faktor Penting dari SEO, Ini Komponen SEO On Page

SEO 14 Jul 2024

blog-image

Menciptakan traffic yang organik tentu menjadi impian setiap pemilik website bisnis. SEO On Page adalah salah satu strategi jitu yang bisa dilakukan agar website lebih ramai pengunjung. Pada dasarnya, pengunjung tersebut adalah calon pelanggan potensial dari produk/jasa yang ditawarkan.

Oleh karena itu, penting untuk mengoptimalkan halaman web agar mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencarian. Mengingat ada ribuan website lain yang menyediakan konten serupa, namun berbeda dalam penggunaan dan penempatan keyword.

Manfaat SEO On Page untuk Website Bisnis

SEO On Page adalah optimalisasi yang penting karena membantu mesin pencari dalam memahami konten website. Begitu pula dengan upaya bantuan oleh Google untuk menentukan apakah konten yang ditawarkan relevan atau tidak.

Mesin pencari saat ini semakin canggih dan fokus pada relevansi kata kunci yang dimasukkan oleh audiens. Oleh karena itu, mengoptimalkan website dengan SEO On Page sebaiknya diprioritaskan. Peringatan relevansi pencarian akan berpengaruh besar terhadap ranking di Google.

Komponen SEO On Page untuk Optimalkan Halaman Website

SEO On Page adalah bagian penting jika ingin membuat website berada di halaman awal pencarian. Adapun beberapa tips yang bisa dilakukan jika ingin mengoptimalisasi situs bisnis dengan SEO On Page yaitu sebagai berikut.

1. Konten Menggunakan Acuan EAT

Penilaian Google dalam memberikan ranking di halaman utama mengacu pada Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness (EAT). Mesin pencari yang paling banyak digunakan ini mengutamakan konten berkualitas tinggi, bukan sekedar kuantitas.

Kebijakan Google seringkali berubah, namun hal ini bukan tanpa alasan. Mengingat konten berkualitas dan relevan seharusnya sudah mendapatkan visibilitas tinggi dibandingkan konten dengan kualitas rendah. Oleh karena itu, pastikan strategi SEO yang diterapkan memperhatikan EAT.

2. Judul yang Sesuai dan Menarik

SEO On Page adalah strategi jitu untuk membuat traffic tinggi. Salah satu tipsnya adalah dengan membuat tag judul yang menarik dan relevan dengan isi konten. Saat audiens melakukan pencarian, maka hasil yang muncul adalah judul dan deskripsi konten web.

Tampilan hasil pencarian tersebut dikenal dengan Search Engine Result Page (SERP). Judul yang ditulis asal dan duplikat akan sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil SEO.

3. Penggunaan Meta Deskripsi

SERP Google saat ini juga menampilkan deskripsi meta yang disertakan dalam konten. Jika sudah ditampilkan, alangkah baiknya deskripsi singkat tersebut dibuat dengan tepat. Meski terkesan remeh, namun meta deskripsi menjadi salah satu poin penilaian dalam optimalisasi SEO.

Bagaimana tidak, dengan menyertakan deskripsi singkat maka rasio klik-tayang akan meningkat. Begitu pula dengan persepsi kualitas hasil dan pemikiran audiens tentang situs web apa yang ditawarkan.

4. Pasang Keyword yang Tepat

SEO On Page merupakan bagian dari optimalisasi halaman web atau website secara keseluruhan. Salah satu strategi penulisan SEO adalah penggunaan kata kunci yang tepat. Oleh karena itu, lakukanlah riset kata kunci dengan baik dengan memperhatikan aspek dari pembaca.

Hindari membuat konten untuk kepentingan tertentu karena pada dasarnya apa yang ditulis adalah untuk orang-orang. Buatlah artikel atau konten berkualitas tinggi dan relevan dengan apa yang dicari audiens.

5. Elemen Heading dan Subheading

Pada dasarnya, penggunaan heading akan lebih memanjakan pembaca dalam memahami isi artikel. Pembaca bisa melihat review apa saja yang dibahasa dalam konten. Aktivitas membaca jadi lebih menyenangkan dan hemat waktu karena bisa melompat ke bagian tertentu.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengabaikan judul maupun subjudul meskipun tidak berpengaruh langsung terhadap peringkat Google. Namun dengan memberikan kenyamanan membaca, tentu audiens tidak akan ragu kembali lagi ke website tersebut.

Kesimpulan

SEO On Page adalah bagian penting dari optimalisasi halaman website untuk menarik pembaca. Usahakan isi konten memudahkan Google untuk mengidentifikasinya menjadi halaman yang berkualitas dan relevan bagi audiens.