Harga Jasa SEO untuk Website UMKM dan Perusahaan

SEO 20 Apr 2024

blog-image

Banyak pebisnis digital yang ingin memanfaatkan jasa SEO saat ini untuk meningkatkan brand awareness. Tak heran jika harga jasa SEO banyak dicari untuk menciptakan konten berkualitas dan relevan bagi pembaca.

Meski pada awalnya harus mengeluarkan biaya, namun manfaat menerapkan SEO begitu banyak. Website tidak hanya sekedar banyak dikunjungi, melainkan kredibilitasnya juga bisa meningkat. Bagi yang penasaran dengan biaya jasa SEO, simak ulasannya berikut ini.

 

Mengapa Harus Mengetahui Harga Jasa SEO?

Dengan mengoptimalisasi bisnis menggunakan jasa SEO, tentu terdapat biaya yang harus dikeluarkan. Pengorbanan biaya seperti ini perlu dilakukan, terlebih jika konten Anda sebelumnya jarang ‘dilirik’ Google. Berikut beberapa alasan pemilik website perlu mengetahui biaya jasa SEO.

1. Agar Tetap On Budget

Mengalokasikan dana untuk menggunakan jasa SEO penting dilakukan. Namun, biasanya pemilik website baru kurang mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan. Jangan sampai biayanya over budget dari rencana awal.

Jika ternyata biaya jasa SEO masih on budget, maka tidak ada salahnya mencoba. Namun jika budget belum mencukupi, sebaiknya tidak memaksakan diri dan tunggu sampai dananya cukup. Hal ini dilakukan semata-mata agar cashflow bisnis tetap sehat.

2. Sebagai Bahan Pertimbangan atas Benefit SEO

Jika ternyata biaya jasa SEO sudah on budget, sebaiknya tidak langsung mengambilnya begitu saja. Disarankan untuk mencari tahu keuntungan dan outcome apa saja yang dihasilkan nantinya.

Misalnya dengan mengalokasikan dana sebesar Rp4.500.000 untuk jasa SEO profesional, website Anda akan mendapatkan beberapa profit. Diantaranya adalah dari segi keyword ranking di Google, organic traffic oleh visitor, dan site health yang baik.

 

Biaya Jasa SEO di Pasar Global

Jasa SEO tentunya diminati berbagai macam website yang ada di dunia internet. Informasi mengenai harga jasa SEO global di bawah ini berdasarkan yang dilansir tiga situs populer bagi praktisi SEO di seluruh dunia, yaitu sebagai berikut.

Berdasarkan kalkulator biaya SEO di situs ini, maka dana yang harus dikeluarkan untuk optimalisasi website dengan SEO yaitu sebagai berikut.

  1. Untuk Local SEO Campaign biayanya >500 USD per bulan (>Rp7.570.500)
  2. Untuk National atau International SEO Campaign harganya 2500-5000 USD per bulan (Rp37.852.500-Rp75.705.000 per bulan).

Situs Ahrefs juga menyediakan informasi yang bisa dijadikan referensi mengenai biaya untuk jasa SEO profesional. Untuk penerapan SEO per bulan dihargai sekitar 501-1000 USD (Rp7.585.641-Rp15.141.000).

Untuk mengetahui berapa biaya jasa SEO dalam lingkup global, Anda juga bisa mengeceknya si situs Webfx.

Dalam situs tersebut dijelaskan bahwa biaya SEO tergantung dari rencana, pelayanan, dan hal lainnya. Proyek SEO bulanan berada di kisaran 1500-5000 USD per bulan (Rp22.711.500 - Rp75.705.000).

 

Berapa Harga Jasa SEO untuk UMKM dan Perusahaan di Indonesia?

Untuk mengetahui berapa biaya jasa SEO di tanah air, kita bisa menjadikan informasi di situs Glassdoor sebagai acuan. Website pencari kerja populer di dunia tersebut menyebutkan bahwa per Agustus 2021, gaji seorang SEO Specialist di ibukota berkisar Rp6.000.000 - Rp10.000.000 per bulan.

Namun, perlu diingat bahwa range harga tersebut belum termasuk tools SEO dan isi konten yang dibutuhkan website. Jika diasumsikan biaya tools dan konten sekitar Rp3.000.000 per bulan, maka budget jasa SEO yang harus disiapkan sekitar Rp9.000.000 - Rp13.000.000 per bulan.

Perkiraan harga di atas dapat direalisasikan jika ingin merekrut jasa SEO specialist profesional untuk website bisnis Anda.

Bagaimana, tertarik untuk merekrut jasa SEO untuk website Anda? Pada dasarnya, acuan harga jasa SEO di atas tidak bersifat mutlak karena pembayarannya juga bisa berdasarkan proyek. Pastikan biayanya on budget agar cash flow perusahaan tidak terganggu. Jika perusahaan anda tidak memiliki anggaran untuk mempekerjakan SEO Specialist sebesar itu, anda bisa mencoba mengalihkannya ke Jasa SEO Budimark.com.

 

Berapa Harga Jasa SEO Budimark.com?

Ada 2 paket jasa seo yang ditawarkan oleh budimark.com, yaitu Paket SEO Bulanan dan Paket SEO Tahunan, dengan harga mulai Rp 2,5 juta per bulan saja, jauh di bawah harga pasar jasa SEO profesional dan gaji seorang SEO Specialist. Berikut ini pricelist paket harga jasa seo budimark.

Paket SEO

BULANAN
Rp.
2.500
.000 / BULAN
  • 2 Keyword Utama (Bergaransi)
  • 20 Keyword Pendukung
  • 10 Artikel SEO
  • Analisa Keyword
  • Audit Website
  • Analisa Kompetitor
  • Audit Website
  • On Page SEO
  • Off Page SEO
  • Report Bulanan
  • Minimal Kontrak 4 Bulan