Apa Manfaat SEO Pada Website Secara Umum?

SEO 29 Mar 2024

blog-image

Investasi jangka panjang untuk website bisnis bisa dilakukan dengan menerapkan SEO. Hal ini karena kualitas dan relevansi konten di dalamnya berbanding lurus dengan traffic pengunjung. Lalu, apa manfaat SEO pada website secara umum?

Pada dasarnya, penerapan SEO tidak hanya bisa meramaikan website bisnis. Ada lebih banyak keuntungan yang bisa didapatkan sehingga SEO sangat worth it untuk digunakan. Jangan ragu dalam memanfaatkan SEO, terlebih bisnis yang dijalankan dilakukan secara digital.

 

7 Manfaat SEO Pada Website Secara Umum

Bagi pemilik website baru maupun yang lebih dulu membuat konten tidak perlu ragu menggunakan SEO. Mengapa? Beberapa manfaat menerapkan SEO berikut ini akan membantu meningkatkan jumlah pengunjung dan tentunya penjualan.

1. Memudahkan Robot Mesin Pencari Memunculkan Artikel

Perlu diingat bahwa pemilik website harus mengikuti pedoman dan cara kerja mesin pencari dalam memunculkan artikel pilihan di halaman utama. Adapun konten SEO friendly membantu robot mesin pencari dalam memahami isi dari website tersebut.

2. Meningkatkan Ranking Keyword

Setiap website memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan ranking keywords di mesin pencarian Google. Manfaat SEO website secara umum akan memudahkan pemilik website dalam memenangkan persaingan tersebut.

Penggunaan keyword yang relevan dengan pencarian audiens akan membuat sistem search engine memposisikan website di halaman awal.

3. Menjadikan Produk/Jasa sebagai Referensi

Bagi pemilik website bisnis yang menjual produk/jasa, manfaat SEO pada website secara umum ini akan sangat terasa. Konten yang banyak di-klik dan dibaca tentunya menjadi bahan referensi untuk memutuskan apakah audiens akan membeli atau tidak.

Jika banyak dijadikan referensi, tentu kesempatan produk/jasa terjual akan semakin besar. Oleh sebab itu, usahakan membuat tampilan situs yang menarik dan tetap fungsional bagi pengunjungnya.

4. Traffic Website Meningkat

Siapa yang tidak ingin website bisnisnya mengalami peningkatan visitors? Tentu semua menginginkannya karena bisa meningkatkan income penjualan produk/jasa. Konten SEO friendly membantu traffic website jadi lebih ramai oleh calon pelanggan.

5. Berperan Besar dalam Brand Awareness

Manfaat SEO pada website ini sangat krusial karena akan membuat bisnis lebih mudah dikenal. Konten dengan kata kunci yang banyak dicari akan membuat audiens mengingat website dan ingin kembali di lain kesempatan.

6. Meningkatkan Income/Pemasukan

Target menggunakan SEO tentunya bisa meningkatkan sales atau penjualan. Bagaimana tidak, SEO akan membuat konten berada di halaman utama sehingga besar kemungkinannya untuk dikunjungi.

Terlebih jika penempatan kata kunci produk/jasa berada di tempat yang tepat. Tingkat kepercayaan terhadap website akan terus meningkat sehingga berbanding lurus dengan penjualan.

7. Investasi Jangka Panjang yang Hemat Biaya

Punya dana terbatas untuk menggunakan iklan (Google Ads atau Facebook Ads) di website? Salah satu solusi cerdasnya adalah menerapkan SEO di setiap konten. Selama konten bisa diakses, maka manfaat SEO pada website secara umum bisa terus dirasakan 24 jam.

 

SEO vs Ads

Hal ini berbeda dengan iklan yang biasanya terdapat limit durasi dan frekuensi muncul di website. Oleh karena itu, tak heran jika penerapan SEO disebut sebagai investasi jangka panjang yang hemat biaya. Pemilik website bisnis baru tidak perlu ragu dalam menggunakan kaidah SEO dalam kontennya.

Mungkin akan terasa berat di awal karena harus mengeluarkan biaya dalam jumlah tertentu. Namun, penggunaan jasa SEO juga bisa dipilih berdasarkan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Jadi, tidak perlu menyerah di awal jika ingin meningkatkan traffic website dengan konten relevan.

 

Penutup

Beberapa manfaat SEO pada website secara umum bisa dirasakan pemilik website baru maupun lama. Jadi, siapa saja memiliki kesempatan agar konten berada di halaman awal mesin pencarian Google. Ketika traffic meningkat, tentu penjualan pun bisa naik drastis dibanding sebelumnya. Mau berinvestasi SEO dengan jasa SEO budimark? Silahkan hubungi kami.