4 Tool Google Gratis untuk Cek SEO Website

SEO 28 Apr 2024

blog-image

Memastikan bahwa website kamu sudah SEO adalah hal yang wajib dilakukan jika ingin website kamu berkembang. Namun, bagaimana cara cek seo website? Apakah harus mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan informasi mengenai tingkat SEO website kamu?

Ada banyak tool yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui SEO website dan Google memiliki beberapa tool yang bisa kamu pakai dengan gratis.

 

Google PageSpeed Insights

Google PageSpeed Insights merupakan tool penting untuk cek seo website karena tool ini bisa membantumu mengecek kecepatan dan kegunaan website kamu lewat beragam gawai. Kamu cukup memasukkan URL website kamu dan tool ini akan mengetes waktu loading dan performa website kamu pada desktop dan perangkat mobile.

Performa website kamu akan diberi nilai 0-100. Kamu juga akan mendapatkan informasi akurat mengenai kecepatan website kamu berdasarkan metrik yang berbeda. Tool ini bahkan bisa memberimu saran di bagian mana website kamu bisa diperbaiki.

 

Google Analytics

Kalau kamu mencari tool analitik yang gratis dan paling powerful, Google Analytics bisa jadi adalah tool yang kamu cari. Tentu, kamu juga bisa menggunakan website seo services untuk membantumu memastikan website kamu selalu SEO dengan harga yang terjangkau. Namun, Google Analytics juga tidak boleh kamu lewatkan karena tool ini akan menyusuri setiap informasi traffic pada website kamu.

Tool ini memang tidak sepenuhnya dibuat untuk keperluan SEO, tetapi tool ini tetap berguna apalagi jika traffic di website kamu dapatkan dari pencarian organik. Namun, Google Analytics tidak lagi memberikan informasi mengenai keyword yang mengirim traffic ke website kamu sehingga perlu dikombinasikan dengan tool lain untuk mengetahui keyword di balik suatu traffic.

 

Google Search Console

Dengan Google Search Console, kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai tanggapan atau pemikiran mesin pencarian yang paling banyak digunakan di dunia mengenai website kamu. Tool ini akan membantumu menemukan dan memperbaiki masalah yang mungkin ada pada website kamu. Kamu juga bisa melihat informasi SEO penting seperti klik, impresi, dan ranking rata-rata dari website kamu lewat tool ini.

Meskipun tool ini menawarkan banyak kegunaan, tool ini tetap memiliki keterbatasan karena hanya bisa menunjukkan sekelumit masalah teknis SEO, 1000 backlink tertinggi, dan 1000 keyword.

 

Google Ads Keyword Planner

Nah, jika kamu ingin mengetahui hal yang orang-orang cari lewat mesin pencari Google, kamu perlu menggunakan tool Google Ads Keyword Planner. Namun, kamu perlu membuat kampanye ad Google dulu untuk melihat volume pencarian yang pasti.

Selanjutnya, kamu cukup memasukkan keyword tertentu atau sekelompok keyword ke dalam tool dan tool ini akan memberikan segala informasi statistik yang diperlukan untuk membantumu membuat strategi keyword. Informasi statistik tersebut meliputi volume pencarian bulanan, kompetisi, dan bahkan istilah yang mungkin tidak kamu pertimbangkan sebelumnya.

Tool gratis lain, seperti Google Trends juga sangat berguna untuk membantumu cek seo website.