Kenali 5 Ciri Artikel yang SEO Friendly

SEO 20 Apr 2024

blog-image

Berbicara tentang penerapan SEO, hal ini sangat krusial dalam meningkatkan penjualan bisnis digital. Tidak sedikit pemilik website baru yang mencari ciri artikel yang SEO friendly. Hal ini karena manfaat yang bisa didapatkan sangat banyak karena brand jadi lebih mudah dikenali.

Dengan menggunakan artikel SEO, maka konten yang disediakan memang relevan dengan apa yang dicari audiens. Hal ini berbeda jika konten tanpa SEO, maka persaingan dengan website lainnya akan lebih sulit. Oleh karena itu, sebaiknya kenali lalu terapkan SEO pada konten di situs Anda dengan baik.

 

Ciri Artikel yang SEO Friendly

Sebelum menerapkan aturan SEO pada konten di website, ada baiknya memahami ciri artikel SEO friendly. Mengingat tidak sedikit website yang berlomba-lomba ingin menduduki peringkat pertama di halaman pencarian Google. Oleh sebab itu, pahami terlebih dahulu seperti apa artikel SEO yang baik.

1. Terdapat Heading (H1, H2, H3, dst)

Pembaca umumnya tidak hanya menyukai artikel informatif, melainkan juga terstruktur dengan baik. Ciri artikel SEO friendly yang berkaitan dengan hal ini adalah penggunaan heading di dalamnya.

Artinya, artikel memiliki beberapa segmen yang memudahkan pembaca melihat apa saja isi dari artikel tersebut. Tidak hanya itu, heading juga akan membuat sistem memunculkan cuplikan artikel sehingga terlihat lebih menarik.

2. Menggunakan Kata Kunci yang Relevan

Ciri artikel yang SEO friendly tidak bisa lepas dari penggunaan keyword. Pada dasarnya, keyword merupakan elemen dalam artikel yang bisa menjembatani audiens dalam mencari informasi. Oleh karena itu, penting bagi pembuat konten artikel untuk menggunakan kata kunci relevan.

Tidak hanya itu, meletakkan keyword dalam artikel juga harus strategis. Penulis bisa memanfaatkan tools keyword yang gratis maupun berbayar sesuai kebutuhan. Adapun penggunaan tools premium tentunya lebih menguntungkan asalkan penempatan posisinya juga sesuai.

Jika ingin meningkatkan jumlah visitor website, sebaiknya tidak hanya mengandalkan satu artikel saja. Pemilik website bisa menghubungkan satu artikel dengan artikel lainnya dengan mudah, yaitu menggunakan internal link.

Jadi, pembaca tidak hanya terpaku dengan informasi yang ada di satu artikel. Melainkan bisa mendapatkan informasi lanjutan dari internal link yang mengarahkannya pada artikel lain.

4. Informasi Jelas dan Tidak Bertele-Tele

Artikel dengan penerapan SEO yang baik informasi di dalamnya jelas dan tidak bertele-tele. Usahakan membuat konten to-the-point, relevan, dan tidak banyak pembahasan lain. Jika terlalu membahas hal lain yang sebenarnya tidak dicari pembaca, hal ini akan membuat mereka kurang tertarik.

Mungkin satu atau dua kali audiens akan membaca konten Anda, namun seiring berjalannya waktu jadi tidak tertarik membacanya. Hal ini karena website yang dibuat dikenal menyediakan informasi rumit untuk dipahami, terutama bagi orang awam.

5. Menggunakan Kata-Kata yang Mudah Dipahami

Perlu dipahami bahwa salah satu ciri artikel yang SEO friendly adalah mudah dibaca. Penggunaan kalimat di dalamnya tidak berbelit-belit atau berulang secara berlebihan. Meskipun penulis merasa memiliki banyak keyword yang menurutnya tepat, sebaiknya tidak memasukkannya secara berlebihan.

Pastikan artikel mudah dibaca dan dipahami, terlebih jika targetnya di berbagai jenjang usia. Misalnya jika membuat konten artikel teknologi, tulislah menggunakan kata-kata dan penjelasan sesederhana mungkin. Tentunya dengan tetap memperhatikan informasinya aktual dan bisa dipertanggungjawabkan.

 

Raih Trafik Berlimpah Dengan Artikel SEO Friendly

Dengan memahami ciri artikel yang SEO friendly, tentunya hal ini akan memudahkan Anda dalam menuliskannya. Penerapan SEO yang pas tentunya akan membuat website jadi lebih ramai karena kontennya relevan dengan apa yang dicari.

Konsistensi dalam membuat artikel SEO friendly juga dapat mendrongkrak trafik website usaha anda. Oleh karena itu, jika anda tidak memiliki waktu untuk mengoptimasi website, Budimark bisa membantu anda dalam mengoptimasi website bisnis agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Silahkan hubungi kami untuk menggunakan jasa kami.