Bagaimana Cara Kerja SEO? Pahami dan Praktekkan Caranya

SEO 26 May 2024

blog-image

Jumlah website bisnis setiap harinya semakin bertambah sehingga persaingan berada di halaman depan Google semakin ketat. Bagi yang rutin menerapkan SEO di kontennya tidak perlu khawatir akan hal ini. Namun sebenarnya, bagaimana cara kerja SEO dalam mengoptimalisasi halaman website?

Pada dasarnya, hal ini penting dipahami terutama bagi pemilik website baru. Kesempatan untuk berada di halaman utama mesin pencari tentu bisa didapatkan siapa saja. Termasuk bagi yang belum lama di dunia website namun gencar menerapkan SEO secara tepat.

 

5 Cara Kerja SEO dalam Sebuah Website

Sebagai search engine yang paling banyak dicari, tentu Google memiliki kebijakan dan perhitungan tersendiri. Terutama dalam memutuskan website mana saja yang akan ditampilkan di posisi teratas. Terdapat teknik dan algoritma khusus yang penting dipelajari jika website ingin sukses.

Google senantiasa menyeleksi ribuan situs dalam periode tertentu agar konten yang ditampilkan di halaman teratas memang berkualitas. Bagi yang tertarik menerapkan optimalisasi SEO pada kontennya, simak beberapa jenis cara kerja SEO berikut ini.

1. Crawling

Crawling adalah teknik mengumpulkan lalu menyimpan halaman website yang baru diupdate. Dalam hal ini, Google sebagai mesin pencari akan menganalisa tiap halaman situs tersebut. Tidak hanya itu, link yang digunakan juga tidak luput dari pemeriksaan oleh Google.

2. Indexing

Cara kerja SEO yang satu ini tidak kalah penting untuk dipelajari. Bagaimana tidak, indexing adalah proses mempelajari struktur sebuah website bisnis beserta kualitasnya. Tujuannya yaitu untuk mengetahui apakah konten yang ditampilkan memang relevan untuk audiens atau tidak.

Selain itu, indexing bekerja dengan melihat kredibilitas setiap halaman situs yang sudah tersimpan sebelumnya di dalam server.

3. Processing

Processing merupakan teknik SEO yang dilakukan dengan menerima permintaan kata kunci dari pengguna internet. Ketika keyword suatu topik dimasukkan, Google akan memprosesnya dengan algoritma dan pertimbangan terbaru.

4. Calculating Relevancy

SEO tidak bisa lepas dari proses calculating relevancy atau perhitungan relevansi keyword untuk setiap halaman situs tersimpan. Jika sudah menentukan kata kunci yang relevan, search engine kemudian akan menghitung jumlah keyword tersebut.

Untuk menemukan keyword yang relevan, dibutuhkan tool khusus agar semua kata kunci yang dimasukkan sesuai. Seorang SEO Specialist biasanya menggunakan tool premium untuk menganalisa keyword untuk membuat konten.

5. Retrieving Result

Cara kerja dari SEO yang terakhir yaitu mengambil kata kunci hasil seleksi paling relevan. Setelah itu, halaman website akan ditampilkan sesuai ranking yang ditentukan Google. Perlu diingat bahwa halaman tersebut akan di-index berdasarkan kata kunci paling sesuai yang dicari audiens.

Hal ini karena search engine senantiasa melakukan update terhadap algoritma pencarian, terutama Google. Mesin pencari terpopuler tersebut cukup sering mengubah index hasil pencarian keyword di halaman utama.

 

Update SEO Website Anda Sekarang

Oleh sebab itu, ada baiknya setiap pemilik website memperbarui informasinya mengenai algoritma Google. Hal ini tak lain agar halaman website tetap berada di ranking atas pencarian. Sayangnya, tidak sedikit yang belum memahami mengenai algoritma Google sering berubah.

Hal ini membuat para pemilik website menyerahkan penanganan optimalisasi SEO kepada ahlinya. Meski awalnya harus mengeluarkan biaya, namun penerapan SEO pada dasarnya merupakan bentuk investasi jangka panjang. Beberapa cara kerja SEO di atas bisa dipahami sebelum menerapkannya pada konten website. Pada awalnya mungkin terasa rumit mempelajari penerapan SEO. Namun, pemilik website bisnis bisa menyerahkannya pada jasa profesional seperti jasa SEO Budimark.com dengan biaya yang bervariasi.